Selasa, 16 Oktober 2012

MANCING IKAN GABUS

Gabus adalah salah satu predator air tawar. Ikan ini memangsa ikan-ikan kecil, bahkan anakan dia sendiri pun bisa di makannya. Bukan hanya ikan kecil, gabus juga memangsa serangga, bahkan ikan gabus yang berukuran besar bisa juga makan anak itik. Cara mancing ikan gabus bisa dengan menggunakan pancing tegeg dengan panjang 5 sampai 7 meter. Cara mancing dengan tegeg ini biasanya di pakai oleh pemancing yang mencari lokasi di daerah persawahan dan juga rawa. Tapi kalau menurut saya lebih cocok di gunakan di sawah karena lebih memudahkan kita menjangkau lokasi yang sekiranya ada ikannya. Mancing dengan cara ini bisa menggunakan anak katak sebagai umpanya. Tapi jangan salah…..biasanya selain ikan gabus, anak katak merupakan makanan favorit ular. Jadi hati-hati…jangan sampai anda dapat ular. Pengalaman pribadi………..
Cara pertama yang biasa saya pakai adalah ; 
                1.      siapkan joran dengan panjang kira-kira 7 meter
2.      senar yang di gunakan kira-kira lebih pendek 1 meter dari joran
3.      penyangga pada paha
4.      umpan
5.      mata kail ukuran besar
umpan yang biasa saya oakai untuk mancing gabus dengan cara ini adalah katak kecil. Caranya adalah ;
1.      kaitkan katak pada mata kail
2.      lemparkan umpan kelokasi yang menjadi target
3.      gerak-gerakan joran. Tujuanya adalah untuk mencari perhatian ikan.
Ikan gabus biasanya tertarik dengan gerakan-gerakan yang terjadi di atas air. Dan jika anda beruntung, ikan gabus akan langsung menyambar katak yang tadi kita kaitkan pada kail. Maknyuslah pokonya ikan gabus itu tarikanya………….
Cara yang kedua yang biasa saya pakai adalah dengan menggunakan reelan. Cara ini sering saya pakai pada saat saya mencing ke lokasi yang berair dalam seperti waduk dan sungai. Umpan yang biasa saya pakai adalah ulat. Bisa pakai cilung atau juga ulat daun pisang. Kadang-kadang saya juga pakai anakan ikan mas. Tapi lagi-lagi harus berhadapan dengan ular sebagai pemangsa kedua selain gabus. Makanya umpan yang satu ini jarang sekali saya pakai.
Persiapanya adalah ;
1.      joran dengan panjang kira-kira 1 sampai 1,5 meter
2.      senar berukuran sedang
3.      pelampung
4.      pemberat/timah kecil
5.      umpan….
Kalau cilung bisa kita dapatkan di toko-toko pancing di mana saja. Ini adalah salah satu jenis mancing kegemaran saya. Berburu ikan liar buat saya lebih menyenangkan dari pada saya harus datang ke pemancingan.
Caranya adalah ;
1.      setting pelampung sampai kira-kira pelampung tertidur
2.      setelah umpan terpasang lalu lemparkan umpan ke tepi sungai atau ke lokasi yang dekat dengan tumbuhan air
3.      biarkan pancing bekerja sendiri menarik perhatian ikan
4.      berbeda dengan cara yang pertama, yang kedua ini cenderung membutuhkan suasana yang tenang.
5.      jika di makan, pelampung biasanya langsung tenggelam dan terus di tarik ke dasar. Ada juga pelampung berdiri dan bergerak maju tapi tidak ada gerakan turun naik seperti ikan mas pada saat memakan umpan.
Ikan gabus biasanya bermain di dasar…..tapi jika ada gerakan yang menarik perhatianya dia akan bergerak dan menyambar. Di rawa-rawa atau sungai yang banyak kangkung atau tumbuhan air lainya sering kita temukan ikan gabus yang melompat untuk menyambar serangga yang ada di daun. Selamat mencoba bagi anda yang belum pernah merasakan sensasi mancing gabus…………..

                                                                                        
























2 komentar:

  1. Mampir gan http://ngaelbuh.blogspot.com/2012/05/panen-strike-di-spot-baru-2.html

    BalasHapus